Social Icons

Friday, October 10, 2014

Tips Dan Trik Menjadi Seorang Musisi yang Professional



Sebagai musisi, baik itu musisi jalanan atau rumahan, kita pasti sering memiliki keinginan untuk dibilang "Pianis Jago" atau "Gitaris Professional". Waaw itu gelar yang sangat simpel namun membuat kita merasa bangga sekali dipanggil itu ya. Banyak pemusik yang jauuuh lebih jago dari gw tapi kenyataannya masyarakat tetep bilang gw lebih jago (bukan sombong ya), pertanyaannya adalah kenapa? Karena mereka tidak tau apa kriteria yang masyarakat butuhkan untuk dilihat sebagai musisi professional. Nah kali ini gw pengen ngebahas cara gampang supaya kita bisa dibilang musisi yang seperti itu. Emang sih beberapa tips berikut tetap membutuhkan latihan yang rajin :-) Nah kalo kali ini gw mau sharing buat kalian para Guitarist, Bassist, Keyboardist dan para Drummer. Oke deh langsung saja, berikut adalah tips dan triknya :

   1. Untuk Guitarist :

Kalo gitar termasuk yang paling gampang yah. Langsung aja, tips pertama adalah kita harus jago tuning atau bahasa kitanya "stem" suara gitar. Percaya atau nggak, hampir setiap orang akan menganggap anda pro kalau anda bisa stem gitar, bahkan kalo perlu tanpa bantuan alat apapun seperti keyboard, garpu tala, atau alat tuner modern jaman sekarang. Btw gw juga punya tips khusus kalo mau stem gitar dengan mudah, yaitu dengan menghafalkan bunyi nada E (nada senar 6) dengan tekun. Disini adalah kesulitannya. Namun, kalau anda mau berusaha, pasti bisa kok. Kalo gw, gw latihan dengan cara sering mendengar lagu-lagu dengan nada dasar E. Setelah menghafal bunyi E, mudah saja, gunakan teknik tuning 5th fret. Tau kan teknik ini? Yaitu teknik menyamakan bunyi senar loss dengan senar yang diatasnya dengan tret 5 ditekan. Masih gatau? Tanya Mr. Google :-D Mudah kan? Nah tips kedua, jangan biasakan bermain lagu menurut kehendak anda sendiri apalagi kalo lagunya itu-itu saja. Mintalah orang yang ada disekitar anda untuk request lagu agar anda iringi dengan gitar. Nah untuk memperdalami ilmu ini, tentu saja anda harus menguasai banyak lagu bahkan lagu yang baru saja trend. Atau intinya ikutilah trend lagu seiring jaman :-)

   2. Untuk Keyboardist :

Untuk menjadi Keyboardis atau Pianis handal, intinya adalah gunakan seluruh jari anda, jangan lupa gunakan jari kelingking anda. Ini penting, sebab permainan tangan akan tampak lebih indah jika anda juga memainkan jari kelingking anda. Selain itu, karena Piano adalah Bapak dari semua instrumen musik, mungkin anda sebaiknya juga menguasai lagu-lagu atau simfoni klasik, seperti "Fur Elise" karya Beethoven, "Alla Turca" karya W.A. Mozart, atau mungkin "River flows in You" karya Yiruma yang alunan pianonya begitu lembut. Banyak orang yang bilang gw jago cuma gara-gara gw bisa ketiganya :-) Lagu-lagu tersebut sangatlah dikenal masyarakat yang menyukai keyboard atau piano. Hindarilah memainkan lagu yang tidak diketahui banyak orang, karena mungkin saja orang itu malah malas mendengarnya. Selain itu, jangan terlalu sering memainkan lagu yang sama berulang-ulang. Terakhir, sama seperti gitar, mungkin anda juga diharuskan untuk bisa melayani request orang-orang disekitar anda. Ingat, bermain musik bukan untuk kesenangan anda sendiri, tapi untuk dinikmati oleh orang-orang yang mendengarnya.

   3. Untuk Bassist :

Sebagai bassist di gereja, gw suka banget sharing part ini. Yang perlu anda ingat adalah anda hanya bermain bass ketika dihadapi kondisi full band, atau sebaliknya, anda benar-benar sendiri meskipun kadang diiringi drum. Ketika kondisi full band, jangan keseringan improve! Improve diwaktu yang salah hanya membuat bassist dibilang lebay, alay, atau sejenisnya -_- hanya improve ketika dibutuhkan. Bahkan kalopun anda hanya improve 1 kali dalam satu lagu, kalau itu diwaktu yang tepat anda akan dibilang pro :-) Selain itu, disaat latihan bersama anggota band atau team, pasti ada break time dong? Ini kesempatan emas anda! Manfaatkan break time untuk show skill, seperti slapping, atau teknik-teknik improve bass lainnya. Tapi, tetep inget yaa kalo yang namanya lagi break itu jangan terlalu berisik :-) Nah, kalo anda dihadapkan dengan kondisi diminta untuk bermain solo, all u need is all out! Gunakan kesempatan ini untuk menunjukan kalau anda adalah bassist level dewa! Sebagai bassist, anda ga perlu khawatir dibanding para keyboardis dan gitaris karena ga ada kan sejarahnya bassist disuruh mengiringi orang lain bernyanyi sendirian?

4. Untuk Drummer :

Jujur, gw bukan pemain drum. Namun, sebagai musisi, gw pasti harus tau lah bagaimana caranya menjadi seorang musisi yang professional. Ini dari pengalaman beberapa rekan pelayanan gereja gw sih. Kalo yang bisa gw dapet dari pengalaman mereka, kunci untuk menjadi professional dalam bermain drum adalah bermainlah dengan all-out! Tapi inget, tetaplah rendahkan hatimu agar setiap mereka yang terpesona sama kalian gak illfeel karena kalian sombong. Karena jujur, berdasarkan pengalaman gw, para drummer memang suka lupa daratan sehingga mereka pamer dan sombong didepan orang lain. Selain itu, jangan lupa untuk selalu tau tempat! Jangan sekali-sekali melakukan show off ketika anda rasa orang lain sedang tidak membutuhkannya :)
Nah itu adalah tips-tips seru supaya anda dibilang professional. Selamat mencoba yaa. Good luck and play the music!

"Playing music is not for your own happiness, but for others happiness"

-Karunia Leo Gultom-

No comments:

Post a Comment

 
 
Blogger Templates