Social Icons

Friday, October 10, 2014

Tips Dalam Mengiringi Orang Bernyanyi



Di posting sebelumnya gw ngebahas tentang bagaimana menjadi musisi yang disebut "Professional" yaitu salah satunya adalah harus bisa mengiringi orang lain bernyanyi. Namun bagaimana kalo kita ga pernah memainkan lagu tersebut sebelumnya? Pasti bingung dong? Ini tipsnya :

Kenalilah "cadence"

Cadence adalah kunci-kunci yang digunakan dalam suatu lagu. Cadence dapat digunakan ketika anda sudah mengetahui nada dasar sebuah lagu. Gw mau ngambil contoh nada dasar C (paling mudah). Dalam nada dasar C, kita ga perlu memainkan kunci atau nada-nada kromatis seperti F#, D#, Bb atau sejenisnya. Kita cuma perlu memainkan kunci biasa, yaitu :

 

       C   D   E   F   G   A   B   C

       1    2    3   4   5    6    7  1'

Namun, kenyataannya adalah sebagian besar lagu tidak hanya memanfaatkan kunci major, namun juga memanfaatkan kunci minor seperti A minor atau Am, Em, Dm dan sejenisnya, bahkan, tidak jarang juga memanfaatkan kunci-kunci diminished seperti B diminished atau Bdim dan sejenisnya. Untuk menyiasati hal ini, ingat bahwa hanya chord ke-2 (D), ke-3 (E), dan ke-6 (A) yang berubah menjadi minor ketika dimainkan pada nada dasar C. Akhirnya, list kunci diatas berubah menjadi

       C  Dm  Em   F   G   Am   G/B   C

       1    2     3     4    5    6       7    1'

 

Oiya, ada yang ketinggalan. Apa maksud G/B diatas? Maksudnya adalah kalau anda bermain keyboard atau piano, anda memainkan chord G dengan tangan kanan sambil memainkan nada B dengan tangan kiri (Bass). Jika anda bermain gitar, anda hanya perlu memainkan kunci G saja :-)



Nah, kalo nada dasarnya yang lain, misalnya G, sama saja...

       G   Am   Bm   C   D   Em    D/F#   G

       1    2       3      4   5     6         7      1'

Loh, kok ada D/F#? Bukannya D/F? Ini masalahnya...

Sekarang tanya Mr. Google dan type "Interval chord". Kalo masih bingung juga, gw bakal ngejelasin....... dikit :-)

          1    1   1/2   1   1    1   1/2

       C   D   E     F   G   A   B    C

       1    2    3     4   5    6    7    1'

Apa maksud angka diatas chord-chord diatas? angka-angka tersebut adalah jarak antar chord. Jika anda bermain guitar bass, anda akan melihat bahwa nada yang jaraknya dengan nada berikutnya 1 akan melongkap 1 fret, dan nada yang jaraknya 1/2 akan langsung ke fret disebelahnya, apa maksudnya? Maksudnya adalah jarak 1 pada setiap nada berarti melewati 1 nada berikutnya, misalnya nada C ke D disebut berinterval 1 karena harus melewati nada C# terlebih dahulu, sedangkan nada E ke F atau B ke C hanya berinterval 1/2 karena tidak ada nada yang dilewati. Jadi, kalau nada dasar G, formatnya adalah

          1      1     1/2   1    1      1         1/2

       G   Am   Bm   C   D   Em     D/F#     G

       1    2       3      4   5     6         7         1'

Gampang kan?

Kalo udah kenal cadence, baru terapkan ke lagu yang dikulik. Misalnya lagu Melepasmu yang dipopulerkan oleh Drive. Cadence reffnya adalah :

        C                           G

semakin ku menyayangimu

                     Dm        Am        G

semakin ku harus melepasmu dari hidupku

C                      G                    Dm

tak ingin lukai hatimu lebih dari ini

      Am               G             Am

kita tak mungkin trus bersama

Oke cukup reffnya saja, gw gamau kalian jadi galau :-P perhatikan bahwa hanya kunci yang berada dalam interval C yang dimainkan. Tidak ada kunci D atau A atau mungkin Gm. Ini bisa diterapkan disemua nada dasar :-)

Mungkin ada pertanyaan,

    "gimana mau nyari cadencenya kalo nada dasarnya gatau?"

Weittss gw punya solusinya. Sesuaikan suara gitar anda dengan nada dasar. Kalo sama, anda tinggal lanjut ke interval :-) kalo beda, coba cari kunci lain. Urutan mencobanya adalah G, C, F, D, E, A baru B. Maksudnya, pertama sesuaikan dengan nada G, kalo tidak sama ke nada C dan seterusnya. Gampang kan?

Itulah sedikit tips dalam mengiringi orang sebagai musisi :-) Kalau masih bingung beberapa hal bisa langsung hubungi gw :-) untuk info kontak bisa liat di posting gw bulan April 2014 yang berjudul "Perkenalan". God Bless you all! Inget ya kalo bermain musik bukan untuk kesenangan sendiri saja!!

No comments:

Post a Comment

 
 
Blogger Templates