Social Icons

Friday, October 10, 2014

Melatih Hearing anda sebagai musisi



Saat ini, banyak musisi yang memiliki masalah dalam hearing mereka. Beberapa dari mereka tidak mampu membedakan bunyi chord, misalnya bunyi chord C dengan chord G. Lebih parahnya lagi, banyak musisi yang tidak mampu mengulik sebuah lagu dengan alasan yang klasik, "kuncinya susah" atau "gw gapernah mainin lagu ini". Namun, percaya atau tidak, satu-satunya cara mengenali chord lagu adalah mengenali "karakternya". Apa maksudnya karakter? Maksudnya adalah anda harus mengenali karakter berbagai nada. Mungkin anda hanya bisa merasakan kalau bunyi chord C dan G memang beda, namun yang jadi masalah adalah bagaimana kita bisa tau kalo itu chord C, atau G, atau mungkin B? Kali ini gw mau bahas itu.

Berikut adalah tips supaya bisa membedakan bunyi nada :

   1. Kenali Karakter Setiap Nada

Sekali lagi gw mau menekankan hal ini. Bagaimana caranya? Anda bisa belajar mengenali karakter dengan sering mendengarkan berbagai jenis lagu dengan nada dasar yang berbeda-beda lalu membandingkan karakternya. Seawam apapun anda, anda pasti bisa membedakan lagu yang nada dasarnya berbeda kan? Kalo belum lebih baik latih telinga anda sebelum melanjutkan membaca posting ini :-)

   2. Hafalkan Beberapa Nada Penting

Ya, hafalkan bunyi beberapa nada. Untuk pianis, hafalkan bunyi nada E dan C. Ini bermanfaat ketika suatu saat orang meminta anda menyesuaikan nada dimana ia bernyanyi. Untuk Guitarist dan Bassist, hafalkan bunyi nada E dan G. Ini, sama seperti Pianis, bermanfaat ketika anda mengiringi orang. Selain itu menghafal nada E sangat bermanfaat dalam tuning gitar anda. Tau kan maksudnya? Semangat kawan!

   3. Fokus Pada Kunci C dan G

Sebagai dua komponen nada dan chord yang paling umum, nada C dan G adalah 2 nada yang wajib kita kenali karakternya karena merekalah yang paaaling sering akan kita dengar dalam berkarya sebagai pemusik. Selain itu, alasan kenapa harus C dan G adalah banyak penyanyi yang mengambil suara tidak jauh bahkan dari C dan G.

   4. Dengarkan Lagu-Lagu Klasik

Gw suka part ini. Sebagian besar lagu klasik memiliki nada dasar C atau E. Ini dapat membantu anda untuk menghafal bunyi kedua nada tersebut. Banyak simfoni-simfoni seperti Fur Elise, Alla Turca, Moonlight Sonata dan masih banyak lagi yang bisa meningkatkan musikalitas anda sekaligus meningkatkan kemampuan hearing anda.

Itulah beberapa tips-tips yang bisa kalian terapkan dalam melatih hearing kalian. Semangat belajar! Jangan putus asa yaa.... Keep the music flows guys!!

No comments:

Post a Comment

 
 
Blogger Templates