Social Icons

Friday, October 10, 2014

Prinsip Musisi Professional



Sebagai musisi, kita dituntut untuk memberikan yang terbaik didepan semua orang, baik itu dalam hal performance ataupun kehidupan kita sehari-hari. Namun, faktanya banyak musisi yang mengenal dunia musik tanpa memiliki prinsip yang jelas, sehingga menghambat perkembangan mereka. Apa saj prinsip yang harus kita miliki kalau mau jadi musisi yang Professional? Check it out!

   1. Kenalilah genre favorit anda

Ini sangat dibutuhkan untuk memberikan kesan "karakter" bagi anda sebagai musisi. Untuk anda yang hidupnya tidak mau repot, cepat dalam mengambil keputusan, berani mengambil resiko, musik Rock 'n Roll adalah sahabat anda. Tapi kalo anda suka galau, berhati-hati dalam mengambil keputusan, tekun bekerja, musik Pop bisa menghibur anda dengan baik :-) Kalo kalian sudah merasa hidup kalian senang dan tanpa beban, musik Reggae, Blues, Country dan beberapa genre "happy" lainnya sangat cocok untuk anda. Jadikan prinsip ini sebagai identitas anda sebagai pemusik.

   2. Jangan pelit bagi ilmu

Ini penting banget nih. Berat emang ngaturnya. Emang sih kita selalu pengen dipuji kan disetiap penampilan dan performance kita? Tapi ketahuilah bahwa orang akan lebih mencintai anda jika anda mau berbagi keahlian bermusik anda dengan mereka. Contohnya gw, ampe bikin blog cooyyy *bangga* hahaha...

   3. Jangan terlihat baik hanya didepan umum

Memang, seperti prinsip para entertainer, masyarakat tidak akan peduli dengan masalah anda, anda harus tetap memberikan yang terbaik ditengah masalah anda. Namun, bagaimanapun juga, anda harus tetap memperlihatkan kepada masyarakat atau orang-orang disekitar anda bahwa anda tidak hanya luar biasa dalam bermusik tapi juga luar biasa dalam bersikap :-) Ketahuilah bahwa sejago apapun anda, jika anda bukan orang baik anda tetap dicap bukan orang baik, bukan dicap musisi handal.

   4. Musik bukan untuk kesenangan anda sendiri, tapi untuk kesenangan orang lain

Ini adalah motto gw dalam berkarya sebagai musisi. Sejago apapun anda, kalo hanya anda simpan, atau mungkin anda perlihatkan sesuka hati anda, orang tidak akan salut dengan anda, malahan mereka akan menganggap anda payah karena hanya bisa memainkan lagu atau musik yang anda mau. Seperti yang sudah gw bahas berulang-ulang, orang akan menganggap anda professional kalo kalian mau dengan rendah hati dan sukarela melayani keinginan mereka, bahkan tanpa mengharapkan imbalan :-)

Itulah beberapa prinsip penting yang harus kita miliki kalo mau jadi musisi yang luar biasa. Ingat, music is for others' enjoyment and not yours only!

No comments:

Post a Comment

 
 
Blogger Templates